Minggu, 16 Desember 2012

PENGARUH PENCEMARAN UDARA TERHADAP PERTUMBUHAN


LAPORAN PRAKTIKUM
STRUKTUR DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN II

PRCOBAAN V
PENGARUH PENCEMARAN UDARA TERHADAP PERTUMBUHAN

NAMA                               : ERVIANI LESTARI
NIM                                    : H41109271
KELOMPOK                    : IV (EMPAT)
ASISTEN                           : ANDI DARMAWANSYAH












LABORATORIUM BOTANI JURUSAN BIOLOGI
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS HASANUDDIN
MAKASSAR
2011


BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang
Udara sangatlah berkaitan dengan kelangsungan semua organisme yang ada dimuka bumi ini. Udara merupakan campuran gas yang terdapat pada lapisan yang mengelilingi bumi. Komposisi campuran gas tersebut tidak terlalu konstan, komponen yang konsentrasinya paling bervariasi adalah air dalam bentuk uap dan karbondioksida (CO2) (Latunra, 2011).
Pencemaran udara berarti hadirnya satu atau beberapa kontaminan di dalam udara atmosfir di luar, seperti debu, gas, kabut, bau-bauan, asap atau debu dalam kuantitas yang banyak dengan berbagai sifat sehingga dapat menimbulkan gangguan-gangguan terhadap kehidupan manusia, tumbuhan ataupun hewan (Latunra, 2011).
Pencemaran udara merupakan salah satu dampak dari banyaknya kegiatan manusia yang tidak bersahabat dengan alam yang biasanya disebabkan oleh limbah hasil buangan kendaraan bermotor. Untuk lebih mengetahui dampak negatif dari adanya pencemaran udara maka dilakukanlah percobaan ini.

I.2 Tujuan percobaan
Tujuan diadakannya percobaan ini adalah untuk mengetahui pengaruh gas polutan terhadap stuktur stomata daun Pterocarpus indicus (angsana).

I.3 Waktu dan Tempat Percobaan
Praktikum ini dilaksanakan pada hari Selasa, 3 Mei 2011, pukul 14.00-16.00 WITA. Bertempat di Laboratorium Botani, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Hasanuddin, Makassar.

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

Pencemaran udara didefinasikan sebagai terdapatnya gas,cairan atau zat serta bau-bauan yang terkandung di bahan-bahan tersebut terdapat di udara dan memberi kesan negative  kepada makhluk hidup yang ada di muka bumi seperti manusia, tumbuhan dan hewan. Ini disebabkan karena bahan-bahan tersebut akan masuk ke tubuh manusia sistem pernafasan dengan cara menyekat pengaliran oksigen ke seluruh tubuh, hal ini dapat menimbulkan berbagai penyakit. Bukan hanya manusia yang akan mendapat dampat yang negatif tetapi tumbuhan dan hewan juga ( Marjono, 2011).
Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfer yang dapat membahayakan kehidupan makhluk hidup, mengganggu dan kenyamanan, atau merusak properti. Pencemaran udara dapat ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia. Beberapa definisi gangguan fisik pembongkaran polusi suara, panas, radiasi atau polusi cahaya dianggap sebagai polusi udara ( sifat alami udara mengakibatkan dampak pencemaran udara dapat langsung pajaknya dan lokal, regional, maupun global (Simpons, 1890).
Klasifikasi pencemaran udara  dibagi atas 2 yaitu (Simpons, 1890):
a.       Pencemaran udara primer
Pencemaran udara secara primer adalah adanya penghasilan sulfur monoksida dan karbon monoksida akibat proses pembakaran atau dengan kata lain pencemaran primer adalah substansi pencemaran udara yang ditimbulkan langsung dari sumber pencemaran. Contohnya  Karbon monoksida yang berasal dari kawasan industri.
b.      Pencemaran udara sekunder
Pencemaran udara sekunder adalah tindak balas dari belerang dioksida yang bergabung dan membentuk gas-gas regular tidak oleh makhluk hidup yang ada dimuka bumi atau dengan kata lain pencemaran sekunder adalah substansi pencemaran yang terbentuk dari reaksi pencemar-pencemar primer di atmosfer. Contohnya adalah pembentukan ozon dari efek rumah kaca.
Atmosfer merupakan sebuah sistem yang kompleks, dinamik, dan sederhana. Tetapi akhir-akhir ini keadaan atmosfer sangat memprihatikan karena banyak pencemaran udara dan hubungannya dengan terjadinya pemanasan global, perubahan iklim dan deplesi ozon di stratosfer semakin meningkat (Salisburi, dkk, 1995).
            Kondisi udara di dalam  atmosfer tidak pernah ditemukan dalam keadaan bersih, melainkan sudah tercampur dengan gas-gas lain dan partikulat-partikulat yang tidak kita perlukan. Gas-gas dan partikulat-partikulat yang berasal dari aktivitas alam dan juga yang dihasilkan dari aktivitas manusia ini terus-menerus masuk ke dalam udara dan mengotori/mencemari udara di lapisan atmosfer khususnya lapisan troposfer (Campbell, dkk, 2003).
Berikut adalah sumber- sumber penyebab terjadinya pencemaran udara yaitu ( Anonim, 2011):
1.         Kegiatan Manusia, terdiri atas:
·         Transportasi, dengan adanya transportasi seperti mobil, motor dan semacamnya yang mengeluarkan sisa-sisa oksigen yang berupa zat-zat monoksida yang berbentuk polutan akan mengakibatkan polusi udara. Semakin banyak transportasi yang menggunakan bahan bakar dalam hal ini mesin akan semakin meningkat pula terjadinya pencemaran udara.
·         Industri, dengan adanya indukstri seperti halnya pabrik-pabrik yang tidak menampung limbahnya maka akan meningkatkan terjadinya pencemaran udara.
·         Pembangkit listrik, dengan uap atau asap dari pembangkit listrik akan memicu adanya pencemaran uadara
·         Pembakaran, dengan mengadakan pembakaran yang berlebihan akan mengakibatkan kandungan monoksida dan karbon diaksida akan meningkat
2.      Sumber Alami
·         Gunung berapi, dengan adanya gunung merapi secara tidak langsung jumlah kandung monoksida dan karbon dioksida akan bertambah dan mengakibatkan terjadinay pencemaran udara.
·         Nitrifikasi dan denitrifikasi biologi, dengan adanya nutrifikasi akan mengakibatkan kemampuan dari tanaman untuk menyerap karbon dioksida yang ada tidak terpenuhi.
3.      Sumber-sumber lain, selain dengan cara alami dan tingkah laku manusia adanya pencemaran udara disebabkan juga oleh ( Marjono, 2011):
·         Transportasi amonia
·         Kebocoran Tangki klor
·         Timbulan gas metana dari lahan uruk / Tempat pembuangan sampah
Jenis- jenis dari zat yang mengakibatkan terjadi pencemaran udara yaitu ( Salisbury, dkk, 1995):
1. Particulate Matter (PM)
Penelitian epidemiologis pada manusia dan model pada hewan menunjukan PM10 (termasuk di dalamnya partikulat yang berasal dari diesel/DEP) memiliki potensi besar merusak jaringan tubuh. Data epidemiologis menunjukan peningkatan kematian serta eksaserbasi/serangan yang membutuhkan perawatan rumah sakit tidak hanya pada penderita penyakit paru (asma, penyakit paru obstruktif kronis, pneumonia), namun juga pada pasien dengan penyakit kardiovaskular/jantung dan diabetes.
2. Ozon
Ozon merupakan oksidan fotokimia penting dalam trofosfer. Terbentuk akibat reaksi fotokimia dengan bantuan polutan lain seperti NOx, dan Volatile organic compounds. Pajanan jangka pendek/akut dapat menginduksi inflamasi/peradangan pada paru dan menggangu fungsi pertahanan paru dan kardiovaskular. Pajanan jangka panjang dapat menginduksi terjadinya asma, bahkan fibrosis paru. Penelitian epidemiologis pada manusia menunjukan pajanan ozon yang tinggi dapat meningkatkan jumlah eksaserbasi/serangan asma.
3. NOx dan Sox
NOx dan SOx merupakan co-pollutants yang juga cukup penting. Terbentuk salah satunya dari pembakaran yang kurang sempurna bahan bakar fosil. Penelitian epidemologi menunjukan pajanan NO2,SO2 dan CO meningkatkan kematian/mortalitas akibat penyakit kardio-pulmoner (jantung dan paru) serta meningkatkan angka perawatan rumah sakit akibat penyakit-penyakit tersebut.
Dampak-dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran udara dalam kehidupan sehari-hari (Salisbury, dkk, 1995):
1.      Dampak terhadap manusia
Substansi pencemar yang terdapat di udara dapat masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernapasan. Jauhnya penetrasi zat pencemar ke dalam tubuh bergantung kepada jenis pencemar. Partikulat berukuran besar dapat tertahan di saluran pernapasan bagian atas, sedangkan partikulat berukuran kecil dan gas dapat mencapai paru-paru. Dari paru-paru, zat pencemar diserap oleh sistem peredaran darah dan menyebar ke seluruh tubuh.

2. Dampak terhadap tanaman

Tanaman yang tumbuh di daerah dengan tingkat pencemaran udara tinggi dapat terganggu pertumbuhannya dan rawan penyakit, antara lain klorosis, nekrosis, dan bintik hitam. Partikulat yang terdeposisi di permukaan tanaman dapat menghambat proses fotosintesis.
Hujan asam
PH biasa air hujan adalah 5,6 karena adanya CO2 di atmosfer. Pencemar udara seperti SO2 dan NO2 bereaksi dengan air hujan membentuk asam dan menurunkan pH air hujan. Dampak dari hujan asam ini antara lain : mempengaruhi kualitas air permukaan, merusak tanaman dan melarutkan logam-logam berat yang terdapat dalam tanah sehingga mempengaruhi kualitas air tanah dan air permukaan.


BAB III
METODE PERCOBAAN
III. 1 Alat
Alat yang digunakan dalam percobaan ini adalah mikroskop dan objek glass

III. 2 Bahan
Bahan yang digunakan dalam percobaan ini adalah Mimusops elengi (daun tanjung) Chrysalidocarpus litescens (daun palem kuning), Swietenia macrophylla (daun mahoni) Pterocarpus indicus (daun angsana) yang berada di pinggiran kota dan pusat kota, kutex bening, tissue roll, air dan selotip bening.

III. 3 Cara Kerja
Prosedur kerja dari percobaan ini adalah :
1.      Sampel daun tumbuhan dari pinggiran kota dan pusat kota dibersihkan dengan tissu.
2.      Sampel daun yang telah dibersihkan dolesi dengan kutex di bawah permukaan daun.
3.      Setelah kutex agak kering daun ditutup dengan menggunakan selotip bening.
4.      Setelah agak lama, selotip bening diangkat dan ditempelkan pada kaca objek glass kemudian diamati di bawah mikroskop
5.      Amati dan gambar hasil yang didapat.


BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

IV.1 Hasil
Tabel Pengamatan Stomata pada daun Pterocarpus indicus (angsana).

Perbedaan


Daun di pinggiran kota

Daun di pusat kota

Bentuk stomata


Berukuran besar

Berukuran kecil

Warna


Tidak terdapat warna hitam pada stomata

Terdapat kehitaman pada stomata
IV.2 Pembahasan
            Polusi atau pencemaran lingkungan menyebabkan berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Zat atau bahan yang dapat mengakibatkan pencemaran disebut polutan. Suatu zat dikatakan sebagai polutan bila keberadaannya dapat menyebabkan kerugian terhadap makhluk hidup. Contohnya, karbon dioksida dengan kadar 0,033% di udara berfaedah bagi tumbuhan, tetapi bila lebih tinggi dari 0,033% dapat memberikan efek merusak.
Pada percobaan ini, digunakan daun Pterocarpus indicus (angsana) dimana daun angsana ini diambil pada tempat yang berbeda yaitu di pusat kota dan di pinggiran kota sehingga daun tersebut ada yang berpolusi dan ada yang tidak berpolusi. Digunakan dua daun yang diambil di tempat yang berbeda supaya kita dapat melihat perbedaan antara bentuk stomata pada daun yang berpolusi dan tidak terkena polusi. Dimana sebelum diamati di bawah mikroskop kedua daun tersebut dibersihkan terlebih dahulu kemudian diolesi dengan kutex bening kemudian diletakkan selotip bening diatasnya. Hal ini bertujuan untuk mengambil bagian epidermis bawah daun yang akan diamati bentuk stomatanya.
Berdasarkan hasil pengamatan, diperoleh bahwa pada daun yang diambil di pusat kota memiliki bentuk stomata yang berukuran kecil serta terdapat warna hitam disekitar stomata (berpolusi tinggi). Hal ini disebabkan oleh banyaknya karbon monoksida (CO) yang berasal dari luar selain itu adapula debu yang menutupi stomata sehingga bentuk stomatanya menjadi kecil. Gas karbon monoksida (CO) merupakan gas tidak berwarna dan tidak berbau, bersifat racun, merupakan hasil pembakaran yang tidak sempurna dari bahan buangan mobil, motor dan mesin letup. Gas CO dalam udara murni berjumlah 0,03%. Bila melebihi toleransi dapat mengganggu pernapasan. Selain itu, gas CO yang terlalu berlebihan di bumi dapat mengikat panas matahari sehingga suhu bumi panas. Sedangkan pada daun yang diambil di pinggiran kota memiliki bentuk stomata yang berukuran besar karena kurangnya karbon monoksida yang menempel dan menutupi permukaan daun.
Melihat perbedaan dari kedua daun tersebut menunjukkan perbandingan laju fotosintesis antara daun yang berpolusi dan tidak berpolusi berbeda yang mana daun berpolusi memilik laju fotosintesis yang rendah sedangkan pada daun yang tidak berpolusi laju fotosintasisnya tinggi.
            Selain itu, perbedaan lainnya antara daun yang terkena polusi dengan daun yang tidak berpolusi yaitu terlihat dari warna daunnya dimana pada daun yang berpolusi berwarna hijau kehitaman. Warna hijau kehitaman ini menunjukkan banyaknya karbon monoksida (CO), selain itu adapula zat-zat lain yang berasal dari lingkungan yang berupa SO2 dan NO2. Kedua partikel ini bersama dengan partikel cair membentuk embun, membentuk awan dekat tanah yang dapat mengganggu pernapasan yang menempel di permukaan daun, sedangkan daun yang tidak berpolusi berwarna hijau muda.
Stomata merupakan celah atau lubang pada daun sebagai tempat masuknya cahaya untuk proses fotosintesis. Fotosintesis merupakan suatu proses pembentukan zat makanan atau energi yaitu glukosa yang dilakukan tumbuhan, alga, dan beberapa jenis bakteri dengan menggunakan zat hara, karbondioksida, dan air serta bantuan energi cahaya matahari. Hubungan antara stomata dengan fotosintesis yaitu bahwa proses fotosintesis berlangsung didaun dengan bantuan sinar matahari, sedangkan stomata terdapat di daun pula yang merupakan lubang masuknya cahaya matahari serta suatu senyawa-senyawa (misalnya CO, NO2, SO2). Sehingga dapat disimpulkan bahwa tanpa adanya stomata maka proses fotosintesis tidak akan berjalan dengan baik.
BAB V
PENUTUP

V.1 Kesimpulan
            Dari hasil percobaan yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh dari gas polutan terhadap struktur stomata menunjukkan bahwa daun yang terdapat di pinggiran kota memiliki stomata yang besar sedangkan daun yang terdapat pada pusat kota memiliki stomata yang kecil serta terdapat warna hitam disekitar stomata.
V.2 Saran
            Sebaiknya alat-alat yang ada pada laboratorium harus lebih lengkap lagi terutama mikroskop sehingga lebih menunjang praktikan selama melakukan praktikum.

DAFTAR PUSTAKA

Anonim, 2011. Pencemaran Udara. http://id.wikipedia.com, diakses pada tanggal 3 Mei 2011, pukul 20.10 WITA.

Campbell, N. A, J. B. Reece dan L. E. Mitchell, 2003. Biologi. Erlangga, Jakarta.

Latunra, A.I., 2011. Penuntun Praktikum Struktur Perkembangan Tumbuhan II. Universitas Hasanuddin, Makassar.

Marjono, 2008. Jenis Pencemaran Udara. http://id.wikipedia.com, diakses pada tanggal 3 Mei 2011, pukul 20.08 WITA.

Salisbury, F.B. dan C.W. Ross, 1995. Plant Physiology. CBS Publishers and Distributor, India.

Simpson, 1890. Fisiologi Tumbuhan. PT Gramedia, Jakarta.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar